Audit Internal

Audit Internal Mutu (AIM) adalah pemeriksaan sistematik dan independen untuk mengetahui apakah implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) efektif dan sesuai perencanaan yang dilakukan oleh unit kerja di Universitas Brawijaya (UB). AIM di UB dilakukan untuk memeriksa kesesuaian antara standar mutu yang ditetapkan, dalam Sistem Manajemen Mutu (SMM) Akademik, Keuangan dan Administrasi dengan pelaksanaannya oleh unit kerja di UB. AIM sangat bermanfaat untuk :
  • Membantu mengidentifikasi setiap ketidaksesuaian yang telah dan atau sedang terjadi, serta hal-hal yang kemudian hari mempunyai kecenderungan untuk menimbulkan masalah (terjadi ketidaksesuaian).
  • Menjamin kesesuaian sistem terdokumentasi terhadap persyaratan standar yang diacu.
  • Menjamin kesesuaian aktivitas yang diterapkan dengan sistem terdokumentasi.
  • Menjamin konsistensi penerapan sistem.
  • Memastikan keefektifan penerapan sistem.
  • Meningkatkan/mengembangkan sistem.
Pada AIM UKPPA pertama pada tanggal 18 Oktober 2013, UPI diaudit oleh dua orang auditor internal, yaitu Syaifuddin dan Nila Firdausi Nuzula. Pada audit tersebut, UPI mendapatkan 16 temuan ketidaksesuaian (KTS) dimana dua belas (12) temuan berstatus Open dan empat (4) observasi/saran berstatus Closed. Temuan-temuan tersebut sebagian besar berupa perbaikan dokumen mutu (isi dan format) dan layanan prima terkait ketentuan isi website yang dikelola oleh unit. Berikutnya pada AIM UKPPA kedua pada tanggal 26 Mei 2014, UPI mendapat visitasi dari tim auditor PJM yaitu Yudie Wiro Eko Setyawan dan Arie Febrianto. Pada audit tersebut, UPI mendapatkan 18 temuan ketidaksesuaian (KTS) dimana sebelas (11) temuan berstatus Closed dan tujuh (7) temuan berstatus Open.

Export date: Mon Nov 20 13:24:16 2017 / +0000 GMT
Exported from [  ]