Dalam menjalankan fungsinya, Pusat Pemeringkatan memiliki struktur organisasi dan alur koordinasi yang jelas. Ketua pusat dibantu oleh sekretaris dan tiga kepala bidang. Selain itu ketua pusat juga melakukan pembahasan melalui rapat kerja unit bersama sekretaris dan kepala bidang dalam melakukan evaluasi kinerja unit dan menyusun rekomendasi strategis yang tepat sesuai dengan instruksi dari Rektor Universitas Brawijaya. Selain itu, dalam struktur tersebut tupoksi yang diampu oleh masing-masing anggota adalah sebagai berikut :

Ketua Pusat Pemeringkatan - Head of UB Ranking Centre

  1. Bertanggung jawab atas kinerja dan manajemen PPUB secara keseluruhan
  2. Mengadakan koordinasi dengan pimpinan dan unit-unit lain  dalam rangka  penyusunan program kerja dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA).
  3. Merencanakan dan melaksanakan pengelolaan kegiatan dengan berpedoman pada peraturan yang berlaku dan sesuai dengan Renstra UB.
  4. Memberikan petunjuk dan pengarahan kepada stafnya dan bertangung jawab dalam pengelolaan manajemen sesuai peraturan yang berlaku.
  5. Mengadakan konsultasi dan meminta pengarahan kepada Ketua LP3M dan Rektor, menyampaikan informasi mengenai hambatan yang dihadapi untuk mendapatkan petunjuk penyelesaian.
  6. Bertanggungjawab atas tercapainya seluruh program kerja dan kegiatan yang direncanakan.

Sekretaris Pusat Pemeringkatan - Secretary of UB Ranking Centre

  1. Mengelola administrasi PPUB
  2. Mengajukan uang anggaran mingguan dan bulanan untuk keperluan belanja operasional rutin kepada Bagian Keuangan UB diketahui oleh Ketua PPUB
  3. Mengajukan uang anggaran tahunan sesuai program kerja tahunan kepada Bagian Keuangan UB diketahui oleh Ketua PPUB
  4. Melaksanakan tata kelola persuratan (pembuatan, distribusi, pengarsipan) di PPUB
  5. Membantu Ketua dalam perencanaan dan pelaksanaan tata kelola kegiatan dengan berpedoman pada peraturan yang berlaku dengan tujuan yang sejalan dengan Renstra UB
  6. Mengadakan konsultasi dan meminta pengarahan kepada Ketua, menyampaikan informasi mengenai hambatan yang dihadapi untuk mendapatkan petunjuk penyelesaian
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Atasan/Pimpinan.

I.   Kepala Bidang Pusat Data Pemeringkatan (Ranking Data Centre - RDC)

  1. Mengadakan konsultasi dan meminta pengarahan kepada Ketua, menyampaikan informasi mengenai hambatan yang dihadapi untuk mendapatkan petunjuk penyelesaian
  2. Membantu Ketua dalam perencanaan dan pelaksanaan tata kelola kegiatan dengan berpedoman pada peraturan yang berlaku dengan tujuan sejalan dengan Renstra UB
  3. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Atasan/Pimpinan.
  4. Mempersiapkan berkas permintaan data yang terkait dengan data pemeringkatan kepada fakultas, Lembaga Penunjang (LPPM, JPC, LSIH,  dll), dan bagian terkait di lingkungan UB,
  5. Menggali data dari website atau media elektronik yang lain terkait dengan data yang diperlukan dalam pemeringkatan.
  6. Memanipulasi data yang telah terkumpul untuk memenuhi data pemeringkatan pada institusi pemeringkatan.
  7. Menganalisis data agar data yang terkumpul mempunyai kualitas dan kuanatitas sesuai dengan kriteria pemeringkatan pada institusi pemeringkatan yang dituju.
  8. Bila diperlukan dapat mengikuti kegiatan hubungan eksternal dan peningkatan reputasi UB didalam dan diluar negeri.

II.  Kepala Bidang Hubungan Eksternal - External Relationship

  1. Mengadakan konsultasi dan meminta pengarahan kepada Ketua, menyampaikan informasi mengenai hambatan yang dihadapi untuk mendapatkan petunjuk penyelesaian
  2. Membantu Ketua dalam perencanaan dan pelaksanaan tata kelola kegiatan dengan berpedoman pada peraturan yang berlaku dengan tujuan sejalan dengan Renstra UB
  3. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Atasan/Pimpinan.
  4. Mengumpulkan data Contact Person mitra academic dan mitra pengguna alumni baik didalam maupun diluar negeri.
  5. Menganalisis data contact person yang terkumpul sesuai dengan skala prioritas berdasarkan kedekatan hubungannya dengan UB.
  6. Memelihara hubungan UB dengan para contact person dengan cara mengirim email, menjawab email, mengirim berita, dan sebagainya.
  7. Mempersiapkan bahan-bahan promosi guna meningkatkan hubungan kemitraan dengan mitra UB diluar negeri.
  8. Bila diperlukan dapat mengikuti kegiatan pusat data pemeringkatan dan peningkatan reputasi UB didalam dan diluar negeri.

III. Kepala Bidang Reputasi Universitas - University Reputation.

  1. Mengadakan konsultasi dan meminta pengarahan kepada Ketua, menyampaikan informasi mengenai hambatan yang dihadapi untuk mendapatkan petunjuk penyelesaian
  2. Membantu Ketua dalam perencanaan dan pelaksanaan tata kelola kegiatan dengan berpedoman pada peraturan yang berlaku dengan tujuan sejalan dengan Renstra UB
  3. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Atasan/Pimpinan
  4. Menyusun bahan publikasi guna meningkatkan reputasi atau branding universitas
  5. Berpartisipasi kegiatan yang diagendakan oleh institusi pemeringkatan guna peningkatan citra atau branding UB.
  6. Merencanakan kegiatan baik didalam maupun diluar negeri guna peningkatan citra UB
  7. Bila diperlukan dapat mengikuti kegiatan pusat data pemeringkatan dan hubungan eksternal UB didalam dan diluar negeri.
?>